4 Cara Mengobati Bradikardia Yang Harus Anda Tahu


 

Bradikardia adalah suatu kondisi medis dimana seseorang memiliki detak jantung yang lemah jika dibandingkan dengan orang normal biasa. Ada banyak sekali hal-hal yang bisa kita lakukan sebagai cara mengobati bradikardia yang kita derita. Namun sebelum membahas mengenai cara untuk mengobatinya, ada baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu apa saja hal-hal yang bisa menjadi penyebab mengapa seseorang bisa memiliki bradikardia dalam tubuhnya. Salah satu penyebab terbesarnya adalah karena faktor usia.

Adapun beberapa penyebab lain mengapa kita mengalami bradikardia adalah karena kebiasaan merokok kita, adanya riwayat tekanan darah tinggi, terlalu sering mengkonsumsi alkohol disertai dengan barang-barang terlarang seperti narkoba, dan adanya tingkat kecemasan yang tidak normal atau kondisi stres psikologis. Jika seseorang mengalami bradikardia dan belum juga diberikan pengobatan yang pas, tentunya akan menyebabkan orang tersebut terkena resiko komplikasi yang tidak dapat dihindari. Beberapa komplikasi yang mungkin terjadi karena adanya beberapa penyebab dan gejala yang sudah tidak normal di atas adalah. Sering sekali mengalami pingsan secara tiba-tiba, bahaya gagal jantung atau tidak adanya pompa darah yang cukup, hipotensi, hipertensi, sampai dengan henti jantung. Dimana kondisi ini bisa mengakibatkan serangan resiko yang sangat fatal yaitu hilangnya nyawa. Jika anda tidak ingin mendapatkan resiko tersebut, maka segeralah untuk mencari tahu apa saja cara untuk mengobati bradikardia.

READ  Ciri-ciri dan Kiat Meminimalisir Reaksi Alergi Debu.

Berikut beberapa hal yang bisa anda terapkan pada pola hidup sehat anda agar bradikardia tidak datang menghampiri anda baik sekarang maupun di usia tua anda:

  1. Mulai untuk memperbaiki pola makan anda

Makan adalah sebuah kebutuhan primer yang tidak bisa dihindari oleh seorang manusia. Tanpa makan tentu tubuh kita tidak akan mendapatkan nutrisi sehingga disetiap harinya kita akan merasa lelah dan lemah. Nah bagi anda yang ingin memiliki pola makan yang sehat, sangat dianjurkan agar anda selalu memilih menu-menu yang menyehatkan dan tentunya bagus untuk kesehatan jantung. Seperti buah-buahan, gandum utuh, ikan, susu rendah lemak, dan juga sayur-sayuran.

  1. Teruslah aktif bergerak
READ  Mengenal Apa Itu Burtitis Dan Beberapa Penyebabnya

Pergerakan ini tentunya bukan didasari tanpa adanya alasan yang jelas. Tubuh yang jarang bergerak, tentunya akan menimbun banyak lemak jahat yang tidak baik untuk tubuh. Maka dari itu anda harus memiliki gerakan-gerakan cepat seperti berjalan selama 30 menit sehari, ataupun sering menggerakan tangan. Olah raga-olah raga kecil inilah yang sangat disarankan oleh dokter untuk anda penderita bradikardia. Jadi anda tidak akan mudah merasa lelah.

  1. Cobalah menjaga berat badan ideal anda

Cara mengobati bradikardia yang satu ini bukan berarti anda harus menjalankan diet agar tubuh tetap berada pada porsi idealnya. Yang dimaksud disini adalah, ketika anda mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, maka anda bisa mendapatkan resiko lemah jantung. Maka dari itu cobalah untuk makan dan olah raga secara teratur agar anda mendapatkan tubuh yang sehat.

  1. Hentikan kebiasaan merokok
READ  Yuk kenali ciri penuaan dini

Mungkin bagi sebagian orang merokok adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan ketenangan pikiran. Namun tahukah anda, bahwa pada setiap rokok yang anda konsumsi sebenarnya tidak pernah mendatangkan satu halpun yang bisa dimanfaatkan khasiatnya. Terutama jika anda merasa sakit pada bagian dada, maka anda diwajibkan untuk mengurangi konsumsi rokok anda sekarang juga.

Cobalah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter secara rutin, jika anda sudah mulai mendapatkan masalah pada jantung. Ada baiknya jika anda sesegera mungkin dan bergegas melakukan pemeriksaan pada diri anda. Itulah beberapa cara mengobati bradikardia dengan baik yang belum banyak diketahui oleh orang-orang.

Sumber :

www.medicalnewstoday.com

www.doktersehat.com