Ketahui Gejala Bradikardia Yang Jarang Diketahui


 

Bradikardia merupakan salah satu kondisi medis di mana denyut jantung pada seorang manusia berjalan lebih lambat dari pada biasanya. Dan biasanya gejala bradikardiapun bermacam-macam. Karena pada normalnya, detak jantung seorang manusia akan berdetak setidaknya sekitar 60 kali hingga 100 kali per menitnya. Dan orang yang memiliki masalah bradikardia biasanya akan memiliki detak di bawah 60 kali per menitnya. Dan kondisi ini sangat mneghkawatirkan terutama pada orang yang memiliki masalah dengan sistem elektrik jantung. Karena pada umumnya, kondisi ini masih dianggap wajar pada mereka yang sedang tidur nyenyak, lensia, ataupun atlet yang sedang mengatur detak jantung mereka. Nah bagi kalian yang belum yakin dan masih bingung untuk mengetahui apakah anda terkena bradikardia atau tidak. Berikut beberapa informasi terkait gejala yang mungkin akan anda alami jika anda benar-benar terkena bradikardia.

  1. Memiliki kebiasaan hampir pingsan
READ  Mengenal Apa Itu Burtitis Dan Beberapa Penyebabnya

Kebiasaan hampir pingsan atau yang biasa disebut sebagai syncope ini merupakan sebuah gejala awal ketika jantung anda semakin melemah. Dan biasanya penderita tidak bisa mengalirkan darah dengan normal ke otak. Sehingga oksigenpun tidak dapat dihasilkan dengan baik dan terjadilah peristiwa pingsan tersebut.

2. Mulai muncul pusing

Meneruskan kondisi pingsan, pasti orang dengan bradikardia akan sering merasa pusing tiba-tiba. Meskipun tidak ada tekanan di dalam otaknya, mereka akan cenderung mengalami sakit kepala yang datang secara tiba-tiba.

3. Tubuh sering merasa lelah dan lemah

Gejala bradikardia yang satu ini umum terjadi kepada siapapun yang memiliki jantung lemah. Karena bradikardia ini akan membuat penderitanya seperti kehilangan tenaga. Sehingga mereka akan cenderung lemah dan tak berdaya untuk melakukan aktivitas layaknya orang normal biasa.

4. Akan terasa sulit untuk naik tangga atau olah raga

READ  Mengenal Penyebab Bradikardia Yang Sering Diabaikan

Nah, bagi anda yang memiliki jantung lemah. Ada baiknya jik anda menghindari aktivitas fisik yang berlebihan seperti naik turun tangga. Berolah raga dalam kategori berat, dan masih banyak lagi aktivitas fisik lainnya yang bisa membuat anda bahaya.

5. Napas akan terasa lebih pendek dari biasanya

Bagi orang yang menderita bradikardia, biasanya mereka akan kesulitan untuk bernafas layaknya orang yang menderita asma. Itulah mengapa orang dengan bradikardia tidak boleh melakukan pekerjaan fisik secara berlebihan.

6. Akan selalu merasa nyeri pada bagian dada

Hal ini karena adanya tekanan pada jantung, karena pompaan darah ke area jantung tidak berjalan dengan normal. Sehingga rasanya seperti ditusuk pada bagian dada. Dan rasa nyeripun tidak dapat anda hindari.

7. Memiliki masalah pada ingatan, susak fokus dan mudah sekali linglung

Untuk gejala yang satu ini mungkin jarang terjadi, kecuali kondisi yang semakin parah. Maka dari itu, jika anda sudah merasa ada masalah dengan jantung anda sedari awal. Ada baiknya jika anda segera menghubungi dokter anda untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Jangan sampai anda terlambat menanganinya, sehingga kondisi bradikardia yang anda miliki semakin parah.

READ  Mengenal Bronkiolitis Dan Ciri-Cirinya

Berikut beberapa informasi terkait gejala-gejala bradikardia yang mungkin sering anda rasakan. Selain yang sudah disebutkan di atas, masih banyak lagi gejala yang belum disebutkan. Namun jangan malas untuk mencari informasi lainnya terkait dengan gejala bradikardia dan bagaimana cara mengatasinya. Jangan sampai ketika jantung anda berdetak terlalu pelan anda mengabaikan kondisi ini. Karena ketika jantung berdetak terlalu pelan, akan mengakibatkan darah tidak mengalir dengan lancar ke bagian organ tubuh lainnya. Sehingga anda akan mendapatkan gejala lanjutan dan bahkan mengancam nyawa.

 

Sumber :

www.halodoc.com

www.alodokter.com