Lakukan Cara Ini Sebagai Upaya Pencegahan Bradikardia


 

Jika anda pernah merasa lemas, cepat lelah, pusing dalam waktu yang bersamaan, ada baiknya jika anda mulai mewaspadai kondisi anda tersebut. Bisa jadi anda memiliki kondisi kesehatan yang tidak baik seperti bradikardia. Belum tahu apa itu bradikardia? Ada baiknya untuk anda menyimak informasi terkait pencegahan bradikardia dan juga gejala utama yang mungkin anda rasakan.

Bradikardia merupakan salah satu kondisi medis yang berhubungan dengan jantung manusia. Bradikardia sendiri merupakan sebuah kondisi dimana seseorang memiliki detak jantung yang lebih lambat jika dibandingkan dengan manusia normal biasa. Jika pada keadaan normal, manusia biasanya akan memiliki sekitar 60 sampai 100 detak per menitnya. Dan sekitar 40 sampai 50 detak setiap kali istirahat atau tidur. Nah, bagi penderita bradikardia detak jantung berada dibawah 40-50 pada kondisi normal. Agak menyeramkan bukan? Pasti anda pernah berfikir bahwa kondisi kritis adalah ketika manusia mengalami kelemahan jantung. Lalu apa bedanya dengan mereka penderita bradikardia? Lalu apa saja upaya pencegahan bradikardia yang bisa dilakukan oleh kita, agar bradikardia tidak mendatangi kesehatan jantung kita?

READ  Ciri-ciri dan Kiat Meminimalisir Reaksi Alergi Debu.

Perhatikan pola ataupun gaya hidup yang anda miliki. Karena pola hidup sehat sangat mempengaruhi kesehatan jantung seseorang. Jadi beberapa upaya berikut ini pasti akan membantu :

  1. Cobalah untuk menerapkan pola diet yang sehat, yaitu dengan memperbanyak konsumsi sayur-sayuran dan juga buah-buahan segar tanpa pestisida. Anda juga bisa mengkonsumsi ikan, gandum, dan bahan-bahan makanan lainnya yang tentunya rendah lemak.
  2. Mulailah untuk memiliki kebiasaan berolah raga secara teratur. Bahkan ada baiknya jika anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter khusus anda agar bisa mendapatkan jenis olah raga yang sesuai dengan kondisi anda saat ini. Seperti yang anda ketahui, seseorang dengan bradikardia biasanya memiliki ketahanan tubuh yang berbeda dengan orang normal biasa. Sehingga ketika mereka mulai merasa lelah, akan mempengaruhi jantung mereka. Jadi mereka harus memperhatikan aktivitas fisik mereka.
  3. Cobalah untuk selalu mempertahankan berat badan ideal yang anda miliki, dengan begitu anda akan terhindar dari yang namanya anorexia ataupun obesitas yang tentu saja akan mengganggu kinerja organ jantung anda. Kondisi ini dikarenakan orang dengan obesitas, biasanya akan mengalami masalah dengan aliran darahnya sehingga akan menekan aliran darah ke jantung.
READ  Gejala dan Penanganan Bardikardia

  1. Selalu hindari kebiasaan untuk merokok, mengkonsumsi alkohol secara berlebihan, apalagi sampai mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Karena semua aktivitas tersebut sangatlah tidak bermanfaat. Anda harus segera menjauhinya, bahkan kalau bisa jangan sama sekali menyentuh barang-barang tidak berguna itu. Karena sekali anda kecanduan, bukan hanya jantung anda saja yang akan merasakan dampaknya. Namun semua organ dalam tubuh anda.
  2. Sebagai upaya pencegahan bradikardia yang sangat ampuh, mulailah untuk mengobati berbagai penyakit yang anda derita sebelumnya. Anda harus menghindari tekanan darah tinggi atau kolesterol jika anda tidak ingin memiliki kondisi bradikardia yang semakin parah.

Adapun beberapa gejala lainnya yang bisa anda dapatkan ketika anda mulai mengidap bradikardia adalah seperti mudah linglung, sulit memberikan keputusan, mudah merasa cemas, jantung semakin sakit seperti ada yang menekan, bahkan sampai membuat lemas dan berkeringat. Itulah beberapa gejala dan upaya pencegahan bradikardia yang bisa anda jadikan pedoman. Jangan sampai tanpa upaya pencegahan yang baik anda akan menyesal karena kondisi yang semakin parah. Karena semua kesehatan bergantung pada diri anda sendiri.

READ  Mengenal Bronkiolitis Dan Ciri-Cirinya

Sumber :

www.doktersehat.com

www.klinikhijau.com