Mengenal Apa Itu Burtitis Dan Beberapa Penyebabnya


 

Pernahkah anda mendengar istilah bursitis? Jika belum, mari kita mengenal bersama apa itu bursitis. Bursitis adalah sebuah kondisi dimana terjadinya peradangan ataupun pembengkakan pada kantong cairan atau bursa di dekat sendi tubuh manusia. Bursa ini biasanya ada di atas sendi dan juga di bawah kulit, yang mana fungsinya sangat baik digunakan untuk bantalan antara tendon dan juga tulang. Sehingga tulang dan juga otot pada manusia tidak bergesekan satu sama lain ketika tubuh melakukan sebuah gerakan. Lalu apa sajkaah penyebab mengapan seseorang bisa memiliki masalah pada persendiannya?

  1. Faktor utama yang sering digadang-gadang menjadi penyebab utama bursitis adalah adanya cedera yang diakibatkan oleh gerakan yang secara berulang pada bagian otot, tendon, dan juga sendi pada bagian-bagian bursa tubuh. Sebagai contoh ketika anda melakukan gerakan menekuk dan meluruskan secara berulang, lalu mengangkat berat brban yang lumayan sehingga memberikan resiko pada bagian bahu, suka sekali melakukan aktivitas lari ataupun jalan sehingga memberikan efek buruk pada bagian kaki, atau sering menyandarkan siku dan juga lutut kebagian-bagian dengan tekstur yang keras. Dan ketika lutut tau bursa terkena sebuah benturan. Maka yang pasti jaringan yang ada pada bursa tersebut akan mengalami iritasi yang bahkan bisa berlanjut pada pembengkakan dan juga peradangan parah.
READ  4 Cara Mengobati Bradikardia Yang Harus Anda Tahu

  1. Adanya komplikasi pada penyakit yang anda derita. Untuk jenis-jenis penyakitnyapun beragam, seperti rheumatoid arthritis atau yang biasa disebut dengan peradangan lapisan sendi yang diakibatkan oleh adanya kekeliruan sistem kekebalan tubuh, penyakit asam urat, adanya radang sendi pada jangka panjang atau yang biasa disebut dengan ankylosing spondylitis ada bagian tulang belakanh tubuh dan juga scleroderma. Maka dari itu, anda harus lebih aware dengan kondisi penyakit komplikasi anda jika anda tidak ingin mendapatkan dampak negatifnya.
  2. Adanya infeksi karena bakteri.

Selain dari kedua penyebab di atas, penyebab selanjutnya dari bursitis adalah karena adanya infeksi bakteri. Yang mana biasanya menyerang orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang sangat rendah. Sebagai contoh, orang yang suka mengkonsumsi alkohol bahkan sampai kecanduan, adanya penyakit ginjal atau diabetes, orang dengan riwayat penyakit HIV/AIDS, dan juga orang yang sedang melakukan praktik kemoterapi dalam proses penyembuhannya.

READ  Gejala dan Penanganan Bardikardia

Nah, adapun jenis bakteri yang sering menyerang tubuh manusia ketika mereka sedang dalam keadaan lemah hingga meyebabkan bursitis adalah bakteri bursitis septik. Dimana bagi penderitanya, biasanya mereka akan mendapatkan rasa sakit yang luar biasa pada bagian sendinya. Selain itu, orang dengan bursitis karena bakteri septik khususnya akan mendapatkan efek kerusakan kulit pada area yang mengalami peradangan. Mereka juga biasanya akan mendapatkan akan mendapatkan bekas selulitis ataupun infeksi pada bagian lapisan kulit yang dalam. Jika kondisi semakin parah penderita biasanya akan mendapatkan demam yang sangat tinggi hingga menggigil.

Adapun beberapa gejala utama yang biasanya dimunculkan di awal peradangan adalah adanya pembengkakan pada bagian sendi seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Saetelah itu pada bagian sendi akan mulai muncul kemerahan, sulit untuk digerakan, sampai panas badan yang merupakan bagian dari proses inflamasi yang pada saat itu sedang berlangsung. Dan bagian sendi yang paling sering mendapatkan rasa sakit ini adalah bagian lutut, pinggul, bahu, dan juga siku anda. Jika kondisi semakin buruk, anda harus sesegera mungkin memeriksakannya kepada dokter terdekat anda untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik karena bursitis adalah salah satu jenis penyakit serius yang bisa mengganggu aktivitas anda.

READ    Tanda tanda penuaan dini yang terlihat

Sumber:

www.theraphydiaportland.com

www.halodoc.com