Mengenal Bronkiolitis Dan Ciri-Cirinya


 

Setiap manusia akan bernapas, dan sistem pernapasan dalam tubuh manusia tidak akan lepas dari yang namanya penyakit, baik ringan maupun berat. Dan salah satu jenis penyakit yang menyerang sistem pernapasan pada manusia adalah bronkiolitis. Dimana bronkiolitis adalah sebuah penyakit infeksi yang ada pada saluran pernapasan kecil bagian dari paru-paru. Biasanya penyakit ini akan menyerang anak-anak pada umumnya, namun tidak menutup kemungkinan jika seorang dewasa akan mengidap penyakit yang satu ini. Lalu selain dikenal sebagai penyakit paru-paru apa saja yang bisa kita ketahui dari bronkiolitis dan bagaimanakah ciri-cirinya? Berikut penjelasannya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bronkiolitis adalah sebuah penyakit yang menyerang paru-paru dan digadang-gadang sebagai sebuah penyakit yang sangat menakutkan bagi anak kecil teruma balita di bawah 2 tahun. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan anak-anak sangatlah rentan akan virus yang bisa mereka dapatkan dimana saja. Maka dari itu sebagai orang tua ada baiknya jika anda memproteksi buah hati anda dari virus-virus yang bertebaran apalagi ketika anda sudah berada di tempat umum. Namun bukan berarti anda tidak membebaskan anak untuk bereksperimen dengan baik. Ada kalanya anda harus secara bijak memilih lingkungan mana yang boleh di gapai oleh anak anda, dan mana lingkungan yang tidak bisa di sentuh oleh anak anda.

READ  Gejala dan Penanganan Bardikardia

Pada awalnya seseorang yang mengidap bronkiolitis akan mengalami gejala flu pada umumnya. Namun gejala flu ini akan semakin parah disertai dengan demam, sesak napas, batuk secara terus menerus, dan gejala-gejala parah lainnya. Dan harus anda syukuri, bahwa penyakit ini tidak akan membawa anda pada bahaya yang mengancam nyawa. Karena jika anda melakukan pencegahan dengan baik, anda bisa mengatasi bronkiolitis ini hanya dalam waktu sebulan, seminggu, atau bahkan beberapa hari. Karena bisa dikaranakn bahwa penyakit bronkiolitis ini termasuk dalam kategori penyakit ringan yang mudah disembuhkan. Lalu bagaimana dengan ciri-ciri yang bisa kita ketahui jika kita mulai mendapatkan gejala bronkiolitis?

  • Anda akan mulai mengalami demam tinggi, demam ini umum terjadi bagi orang yang terkena flu secara mendadak. Anda cukup mengatasinya dengan meminum paracetamol yang di jual di apotek-apotek terdekat anda.
  • Sering merasa batuk baik kering atau basah. Dan ketika anda mulai mendapatkan gejala ini. Ada baiknya jika anda menggunakan masker, agar virusnya tidak menyebar.
READ  4 Cara Mengobati Bradikardia Yang Harus Anda Tahu

  • Sulit untuk bernapas dengan lega, bahkan lebih terasa sesak napas
  • Adanya peningkatan detak jantung sehingga kadang suka merasa cemas
  • Adanya infeksi pada telinga, dan kondisi ini khusus sering terjadi pada bayi.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa beberapa ciri-ciri yang telah disebutkan tersebut memiliki ciri yang sangat mirip dengan seseorang yang terkena gejala flu. Dan bahkan ada beberapa kasus yang akan sembuh hanya dengan diberikan antibiotik untuk melawan virus. Namun pada kasus bronkiolitis yang parah, anda bisa saja mendapatkan dampak yang parah. Dimana anda tak kunjung sembuh dan tingkatan bronkiolitisnya semain akut. Sehingga mau tidak mau anda harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Agar selalu terawasi kekebalan tubuhnya, dan selalu mendapatkan nutrisi yang baik untuk kesehatan imun tubuh.

READ  Mengenal Apa Itu Burtitis Dan Beberapa Penyebabnya

Maka dari itu, ketika anda mulai mendapatkan beberapa gejala ringan, seharusnya anda langsung melakukan upaya penyembuhan. Karena bronkiolitis adalah salah satu jenis penyakit ringan yang bisa hilang dengan sendirinya jika anda melakukan beberapa upaya pencegahan dengan baik dan benar.

Sumber :

www.halodoc.com