Mengenal Penyebab Bradikardia Yang Sering Diabaikan


 

Tahukah anda bahwa bradikardia merupakan salah satu jenis gangguan jantung yang bisa menyebabkan organ vital di dalam tubuh kita berdetak dengan lebih lambat jika kita bandingkan dengan detak jantung orang normal. Penyebab bradikardia dan gejalanya sangatlah beragam. Jika kondisi ini semakin buruk, bisa jadi hal ini akan memicu dampak yang lebih berbahaya lagi terutama untuk kondisi jantung kita. Kondisi ini terjadi karena aliran darah yang tidak dapat berjalan dengan baik.

Pada umumnya, setiap orang normal dewasa akan memiliki jantung dengan detak sekitar 60 kali sampai dengan 100 kali di setiap menitnya. Sedangkan pada anak-anak, jantung akan berdetak sekitar 80 kali sampai dengan 100 kali dan kondisi ini lebih lambat jika dibandingkan dengan anak dibawah usia 1 tahun. Jantung mereka akan berdetak setidaknya sekitar 100 sampai 160 kali dalam satu menitnya. Sehingga jika seseorang memiliki detak jantung yang lebih lamban dibandingkan dengan kondisi ini, bisa dikatakan orang tersebut memiliki kondisi yang tidak normal dan harus segera di periksakan. Lalu apa sajakah penyebab-penyebab dari penyakit bradikardia yang sering kita abaikan?

  1. Adanya riwayat penyakit yang diabaikan
READ  Mengenal Bronkiolitis Dan Ciri-Cirinya

Pernah mengalami suatu kondisi yang serius atau riwayat kesehatan yang serius bisa menjadi salah satu penyebab mengapa anda memiliki detak jantung yang lambat. Biasanya kondisi ini sering dialami oleh mereka yang memiliki riwayat penyakit kronis seperti serangan jantung, sleep apnea, pendarahan otak, anoreksia, penyakit jantung bawaan, sampai dengan stroke. Jika anda memiliki riwayat penyakit dari salah satu yang telah disebutkan sebelumnya, maka sebaiknya anda mulai berhati-hati dengan tubuh anda. Karena penyakit-penyakit inilah yang rentan terhadap bradikardia.

  1. Semakin bertambahnya usia seseorang

Untuk penyebab bradikardia yang satu ini memang tidak dapat kita hindari, karena hal ini naluriah akan terjadi pada seorang manusia bila sudah datang masanya. Seseorang yang semakin tua, akan semakin mengalami penutunan fungsi pada organ-organnya termasuk juga dengan jantungnya. Dan kondisi ini bisa saja menjadi penyebab mengapa seseorang yang sudah tua mudah lelah dan mudah melemah jantungnya. Sehingga sangat penting bagi anda untuk selalu menjaga kesehatan jantung sedari dini untuk menghindari hal-hal yang tidak menyenangkan terjadi. Jika anda sudah menjaganya dengan baik sedari muda, percayalah anda akan mendapatkan manfaat kesehatannya saat anda bertambah tua.

  1. Hindari kebiasaan merokok
READ  Yuk kenali ciri penuaan dini

Memang bisa dikatakan bahwa rokok adalah sumber dari segala penyakit yang ada di tubuh manusia. Mengkonsumsi rokok tidak ada satu halpun yang bisa kita ambil sebagai sebuah manfaat, terutama untuk kesehatan paru-paru dan jantung. Seseorang dengan kebiasaan merokoknya akan lebih rentan terhadap pelambatan detak jantung. Dan hal ini terjadi karena ada gangguan aliran listrik yang ada pada jantung sehingga detak jantung akan semakin melambat.

  1. Akibat kompikasi saat operasi

Detak jantung yang melemah biasanya terjadi karena adanya komplikasi pada operasi jantung yang pernah dilakukan. Dan jika anda mulai mengalami gangguan jantung yang lemah, ada baiknya jika anda segera menghubungi rumah sakit terdekat, atau dokter anda untuk mendapatkan pewaratan yang lebih utama.

READ  Lakukan Cara Ini Sebagai Upaya Pencegahan Bradikardia

Demikian beberapa penyebab dari bradikardia yang perlu untuk anda ketahui. Untuk gejalanya sendiri, bradikardia memang sering menunjukan gejala yang umum terjadi. Sehingga sulit bagi penderita ataupun orang disekitarnya untuk mengetahui hal tersebut. Dan pada akhirnya diabaikan begitu saja.

Sumber :

www.hellosehat.com