Yuk kenali ciri penuaan dini


Penuaan dini diakibatkan berhubungan lurus dengan semakin menuanya umur seseorang . bahkan seseorang bisa dikatakan mengalami penuaan jika penampilan luar pada kulitnya sudah muali menunjukkan tanda tanda penuaan . tanda penuaan ini seperti kulit yang banyak keriputnya dan tidak elastis atau tidak kencang lagi karena jaringan kolagen didalamnya berkurang . menurut dr.Nughraha Arief ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan penuaan dini semakin cepat , sebagai berikut :

  • Posisi tidur yang kurang baik

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memilki gangguan tidur kronis lebih beresiko mengalami gangguan pada kulit . yang dapat mempengaruhi penampilan kita sendiri sehingga terlihat kurang segar . selain kualitas tidur yang memburuk menyebabkan masalah pada kesehatan ini juga menjadi faktor utama terjadinya penuaaan dini

  • Pola makan dan gaya hidup yang buruk
READ    Tanda tanda penuaan dini yang terlihat

Beberapa makanan yang bisa menyebabkan penuaan dini adalah karbohidrat olahan roti atau pasta . dan makanan yang terlalu banyak gula . karena maknan ini dapat merusakan kolagen pada kulit . contoh lain gorengan , kue kue manis , makanan cepat saji , daging yang berlemak ini sangat dapat mempengaruhi kondisi kulit kita . makanan dengan kandungan gizi yangburuk seperti diatas mengakibatkan penuaan dini . salah satunya mekanisme yang dapat terganggu adalah dengan peradangan kronis pada tubuh disebabkan lemak trans yang terkandung pada makanan yang biasa kalian makan. Bagaimana caranya jika sudah terlanjur mengonsumsi makanan yang mengakibatkan penuaan dini ? dengan cara memakan makanan yang mengandung antioksidan seperti kacang kacangan , anggur , buah beri , brokoli , wortel , teh hijau dan biji bijian .

  • Kebiasaan merokok

Para perokok akan lebih cepat mengalami penuaan dini karena kerusakan jaringan tubuh oleh zat zat yang beracun pada rokok dan menyebabkan peredarah darah ke wajah dan mempercepat proses penuaan dini yang menimbulkan keriput terlihat jelas dan rona wajah yang menjadi kusam .

  • Sering terpapar sinar matahari yaitu sinau UV
READ  Mengenal Bronkiolitis Dan Ciri-Cirinya

Sinau ultraviolet yang terpancarkan dari matahari dapat merusak jaringan elastis pada kulit . kulit akan mudah keriput sebelum waktunya .sering terpapar sinar matahai juga bisa membuat bintik bintik kecoklatan atau yang disebut hiperpigmentasi pada beberapa bagian tubuh seperti wajah , tangan , kaki dan bagian tubuh lainnya yang sering terpapar sinar matahari . sinar matahari juga dapat menyebabkan warna kulit menjadi menghitam dan meningkatkan resiko terkena kanker kulit . untuk menhindarkan dari paparan sinar UV alternatifnya bisa menggunakan tabir surya yang ber SPF tinggi ketika akan beraktivitas keluar dari rumah . bisa juga dengan memadukan pelindung kulit yang lain seperti topi bertepi lebar , payung , kacamata hitam atau pakaian yang longgar agar menutupi kulit.

READ  Mengenal Apa Itu Burtitis Dan Beberapa Penyebabnya

Itu semua adalah adalah kebiasaan yang harus dihindari agar resiko terkena penuaan dini terjadi secara lambat . ada tips untuk mencegah penuaan sejak dini dilansir dari alodokter yaitu mengonsumsi makanan yang bergisi dan bernutrisi , melakukan perawatan wajah suapaya kulit dapat kembali diremajakan , jalanilah gaya hidup dengan bebas tanpa stress dan hindari banyak pikiran , cukup tidur , mencukup cairan yang ada didalam tubuh , menghindari paparan zat kimia , menghindari paparan sinau UV , tidak merokok dan tidak meminum alcohol .

 

Sumbergambar: Jakarta.tribunnews.com